[Faedah] Orang yang Terharamkan dari Ilmu

Bismillah,

“Orang yang malu dan sombong tidak akan mendapatkan ilmu” Kata Mujahid bin Jabr Rohimahulloh, murid Ibnu Abbas Rodhiallohu anhuma.

Mengapa orang yang malu tidak akan mendapatkan ilmu ? Berikut penjelasannya :

Orang yang malu, terkadang malunya dapat menghalanginya dari bertanya tentang perkara yang ia malukan. Karena itulah, dia terharamkan dari ilmu.

Ummul Mukminin Aisyah bintu Abi Bakr rodhiallohu anhuma menceritakan tentang wanita Anshor “sebaik baik wanita adalah wanita Anshor, rasa malu mereka tidak menghalangi untuk menuntut ilmu”

Lalu, mengapa orang yang sombong juga di haramkan dari ilmu ? Berikut penjelasannya :

Dengan rasa sombong, atau ujub, seorang merasa dirinya sudah pinter, sudah mengetahui segalanya. Perkara yang ada, sepelik apapun, dia anggap enteng, semua perkara adalah perkara yang ringan. Oleh karena itu, ia tidak pernah bertanya.

Dan juga sombong, sebagaimana yang di definisikan oleh Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam “Menolak kebenaran, dan meremehkan manusia” Ketika seorang sudah menolak kebenaran, maka dia telah melenceng dari jalan yang lurus, sedangkan orang yang melenceng dari jalan yang lurus, Alloh akan jauhkan dia dari jalan itu, sejauh jauhnya, sehingga dia menjadi orang yang tersesat. Maka, barangsiapa yang Alloh sesatkan, tidak akan ada yang dapat memberikan kepadanya hidayah. Sebagaimana yang Alloh jelaskan di banyak ayatNya. Begitupula ketika ia telah meremehkan manusia, dia tidak akan bertanya kepada orang yang lebih rendah darinya, meskipun ada padanya sesuatu yang tidak ada pada dirinya.

Kita memohon kepada Alloh untuk memberikan taufiq kepada kita agar terus menuntun kita diatas jalanNya yang lurus, dan menjauhkan kita dari hal yang menjadikan ilmu haram kepada kita.

=-=-=-=-

Perkataan Mujahid dan Aisyah, disebutkan oleh Imam Bukhori dalam shohihnya secara mu’allaq di bab Al Haya’ fil ‘ilm

Advertisements

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s