Menulis, Belajar dan Bermain

Bismillah,

Sebagaimana telah berlalu, dan kita sering mendengarkannya, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi manusia. Itu adalah nikmat yang Alloh berikan kepada hambaNya. Dalam nikmat tersebut terdapat ujian. Yah, tidaklah Alloh menurunkan suatu nikmat kecuali di dalamnya disertai ujian. Apakah kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Telah berlalu pula, kisah imam At Thobroni dalam memanfaatkan waktunya untuk menulis artikel artikel. Beliau merupakan contoh yang baik untuk di contoh. Beliau telah berhasil memanage nikmat yang Alloh berikan (secara dzhohir/nampak), yakni waktunya. Betapa tidak? Waktunya di penuhi dengan manfaat untuk dirinya, umat, dan keluarganya. Selayaknya kita menirunya.

Banyak kisah kisah serupa. Para ulama islam memanage waktunya. Diantaranya dengan menulis. Diantara para blogger, sudah barang pasti tidak asing lagi dengan “Menulis”. Itu adalah pekerjaan sehari harinya( Kalau ia blogger sejati). Dia menuangkan pemikiran pemikirannya melalui tulisan. Menumpahkan rasa melalui tulisan. Tapi, tunggu dulu ! Stop di sini dulu pembahasan rajinnya menulis blogger sejati.

Ada statement “Habiskan waktumu untuk menulis”. Tidak salah memang. Namun, perlu di perhatikan. Tidak semua tulisan layak tuk di publish. Kadang juga tulisan butuh informasi yang akurat. Kadang tulisan butuh kecermatan jalan berpikir. Kadang… Dan kadang lain.

Bahkan JANGAN semua waktu luangmu kamu habiskan untuk menulis. Kenapa aku bilang jangan? Masih banyak perkara yang lebih layak kamu kerjakan di banding hanya menulis artikel artikel. Aku tegaskan disini, bukan berarti menulis tidak penting. Tapi masih banyak perkara yang seharusnya kita dulukan dalam kehidupan kita tanpa meniadakan menulis.

Ada kalanya waktu luang kita gunakan untuk mempelajari lebih dalam pelajaran kita. Kita berpikir sebagaimana guru berpikir. Kita berpikir bagaimana kita memahami pelajaran tersebut. Kita butuh baca. Kita selami bacaan bacaan kita. Tuliskan hal penting dalam buku tersendiri. Kita butuh pula tuk menghafal. Menghafal bukan perkara yang mudah. Memang, sebagian orang menganggapnya itu mudah. Tapi, seberapa lama hafalan itu mengendap di kepalamu?

Menulis itu bermanfaat. Namun dapat juga membahayakan. Atau minimal sia sia.

Menulis yang bermanfaat bisa bermanfaat untuk dunia saja. Bisa bermanfaat untuk akherat saja. Bisa bermanfaat untuk dunia akherat juga.

Menulis yang membahayakan juga begitu. Dunia saja. Akherat saja. Atau justrus Dunia Akherat. Kami berlindung kepada Alloh dari dua yang terakhir.

Pilih lah olehmu yang bermanfaat minimal akheratmu saja. Point plus bagimu bila kamu dapat memberikan manfaat duniawi, tanpa membahayakan dirimu. Hindari dari menulis yang sia sia. Karena itu merupakan kebagusan islamnya seseorang , sebagaimana yang di sebutkan dalam hadits.

Kawan, waktu itu terus berjalan. Jangan sampai ia menguasai kita dan kita tidak dapat apa apa darinya. Hindarkan diri dari penyesalan se dini mungkin. Dan setiap detik yang terlewat dari kita ini takkan kembali lagi. Rugi ! Sungguh rugi.

Kuasailah waktumu. Waktu adalah senjata bagimu. Kamu bisa bunuh diri dengannya. Atau kamu bisa mempertahankan diri dengannya. Sungguh merupakan suatu kecerobohan bila kamu menodongkan senjata ke kepalamu, dan kamu menekan pelatuknya.

Bermain, ada waktunya. Gunakan itu. Tapi persedikitlah. Jangan ikuti kemauan itu.

_____

Seorang yang sedang galau. Semangat tak kunjung datang. Ku tunggu dari kalian. Ucapan ucapan penuh semangat. Bakar kayu itu dengan tulisanmu. Tolonglah aku.

Baca yang ini, Aku rekomendasikan banget buat kalian. Semoga Bermanfaat :

Tips hilangin malas link1,link2

Manajemen Waktu Imam Thobari

Aku adalah Dunia

Sebuah Paksa

Advertisements

4 comments on “Menulis, Belajar dan Bermain

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s