(Lubuntu)Mengganti Layout Keyboard hanya dengan Tekan alt+shift !!

Bismillah,

Apakah anda mengalami kesulitan saat ingin mengganti layout keyboard di lubuntu? Apakah anda pernah merasa mudah menggunakan ubuntu, untuk mengubah ubah layout keyboard yang kita butuhkan? Kini anda ada di tempat yang insyaAlloh mencukupi untuk mewujudkannya! Dan inilah, tips untuk mengganti layout keyboard hanya dengan menekan alt+shift. Ya benar, hanya menekan alt+shift saja.

Sebelumnya, aku menemukan kendala ketika menggunakan lubuntu. Karena diantaranya tidak bisa mengubah ubah layout keyboard. Yang bisa di pakai waktu itu hanyalah layout USA. Dan ketika aku mencari cara cara yang bertebaran di internet, aku sangat kesusahan karena pembahasannya bukan menggunakan bahasa nenek moyang, sehingga sangat susah untuk memahaminya.

So, aku disini insyaAlloh akan mengumpulkan, dan memilah sesuai apa yang aku lakukan, dan yang bisa berhasil di lubuntuku ini. Selamat ber-experimen ria kawan…!!

  • Download lxkeymap_0.3~ppa3_all.deb. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mengubah layout keyboard. Misal mau ganti ke arabic, kita pergi ke menu aplikasi > preference > lxkeymap. Nanti disana ada arabic. Kalau mau ganti yang lain, kita harus membukanya lagi. Kemudian ganti layout  yang lain.
Sudah? Bisa? Mudah? Tapi ketika aku menggunakannya, aku merasa hal ini tidak nyaman untuk dipakai. Karena setiap kali mau mengganti layout harus membuka aplikasinya. Pernah merasakan dituntut untuk menulis dalam 2 layout yang berbeda? Apakah kita harus mengulangi langkah yang kita lakukan. Ribet?
Aku tidak tahu keterkaitannya aplikasi tersebut dengan langkah selanjutnya. Tapi, daripada nanti kalau emang sebetulnya aplikasi ini di perlukan untuk selanjutnya, maka aku munculkan disini. Karena jujur, aku mencobanya karena aku hanya menerka cara caranya. Kalau memang seharusnya tidak di perlukan, maka untuk koleksi aja. Oke….
  • Buat file dengan nama keyboard-toggle.desktop . Kemudian isi sebagaimana berikut….
[Desktop Entry]
Name=Keyboard-toggle
GenericName=Keyboard-toggle
Comment=Ganti 2 Layout hanya dengan alt+shift
Encoding=UTF-8
Exec=setxkbmap -option grp:switch,grp:alt_shift_toggle,grp_led:scroll us,ar
Icon=
Terminal=false
Type=Application
Categories=
StartupNotify=false
Lihat baris yang aku tebalkan ! Ketika kamu copy kan ke terminal dan kamu jalankan, niscaya kamu sudah dapat mengubah layout keyboard hanya dengan menekan alt+shift ! Tapi cobalah kemudian kamu restart. Kamu tidak akan mendapatkannya kembali berjalan. Kamu harus mengulangi langkah ini kembali, dengan mengetikkan di terminal.
So, walaupun ini lebih simpel, tapi kita harus bolak balik melakukannya setiap kali kita masuk ke komputer kita.
Oh iya, file tersebut simpan ke /usr/share/applications . Setelah kamu simpan disana, kamu akan mendapati program dengan nama ‘Keyboard-toggle’ di application > other. Dan setelah kamu mengeklik aplikasi tersebut, kamu gak usah bermain main di terminal lagi.
  • Untuk lebih menyingkat waktu kita, kita harus menjadikannya di jalankan secara otomatis ketika kita sudah logg in. Dengan cara membuat file semisal diatas dan disimpan ke ~/.config/autostart , dan kalimat yang di tebali  di ganti dengan “Keyboard-toggle” tanpa tanda petik.
Mungkin sebagian yang membaca ada yang bertanya tanya, mengapa  rumit? Tapi ketahuilah… Ketika aku memraktekkan dari forum forum yang ada di internet, itu lebih rumit daripada setelah berhasil menaklukkannya.
Mungkin ada juga yang bilang kalau ada langkah yang tak perlu dilakukan, tapi mengapa aku berikan? Karena aku tidak terlalu tahu persis, mana yang benar. So, tetap butuh ada yang mengkoreksi. Mungkin sebagian dari pembaca mengetahuinya? Tinggalkan komentar, dan tolong beri koreksi ! Supaya langkah ini tidak menyesatkan… Hehe
Setelah selesai semua, silahkan reboot komputer kamu dan rasakan perbedaannya.
Nb :
Tulisan yang aku garis bawah itu adalah layoutnya, us untuk USA, sedangkan ar untuk Arabic. Kalau mau untuk yang lainnya, silahkan dapat dicari di gugle.
One comment on “(Lubuntu)Mengganti Layout Keyboard hanya dengan Tekan alt+shift !!

  1. Pingback: (Fluxbox) Layout keyboard arabic english « Muhammad Ihfazhillah

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

