(Renungan) Milikilah Sifat Malu

Bismillah,

Alloh menciptakan manusia disertai segenap sifat sifat yang terpuji….

Diantara sifat terpuji tersebut yang Alloh anugerahkan kepada hambanya adalah malu. Rosululloh bersabda, dari hadits Abi Mas’ud Uqbah bin Amr Al Anshoriy Al Badr : Sesungguhnya sebagian ajaran yang masih dikenal umat manusia dari perkataan para nabi terdahulu adalah: ‘Bila kamu tidak malu, berbuatlah sesukamu.” (HR Bukhari)

Malu, semuanya baik. Bila malu tersebut menjadikan ia menjauhi apa yang Alloh larang, dan melaksanakan apa yang Alloh perintah. Lantaran ia malu kepada Alloh ketika Alloh Dzat yang Maha Melihat dan Mendengar mengetahui apa yang ia perbuat dan ucapkan. Dan inilah derajat Ihsan sebenarnya. Yang mana Ihsan ialah sebagaimana yang Rosululloh jawab dari pertanyaan jibril dari hadits jibril yang masyhur “Engkau beribadah kepada Alloh, seakan akan engkau melihatnya. Bila engkau tidak melihatnya (ketahuilah) sesungguhnya Ia melihatmu”.

Malu semuanya baik. Ketika malu itu menyemangati kita untuk melakukan apasaja yang Alloh perintah dengan sebenar benarnya. Sesungguhnya kehidupan ini adalah nikmat. Dan melakukan peribadatan adalah kenikmatan. Tidaklah kita akan tidak malu ketika kita diketahui tidak melaksanakan apa yang di inginkan oleh si pemberi.

Bila kita sudah tidak memiliki sifat malu, lakukanlah… Lakukanlah oleh kita apa yang kita mau. Kalau kita mau mencuri, dan itu tidak membuat kita malu, lakukanlah. Kalau hal itu tidak membuatkita malu kepada Alloh, diri kita sendiri, orang lain, lakukanlah. Dan ingat, ancaman yang akan kita dapati.

Tingkir, 26 Agustus 2011

Advertisements

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s