Kaedah 1 : Kaum Musyrik Quraisy juga Bertauhid !!

Bismillah,

Segala puji bagi Alloh yang telah mengaruniakan nikmatNya yang paling agung. Yaitu Tauhid. Karena tauhid amalan manusia dapat diterima oleh Alloh. Dimana amalan itu bukan untukNya. Melainkan untuk kebaikan hamba. Namun, ada saja manusia yang suka memusyrikanNya. Yaitu mensekutukanNya dalam hal beribadah.

Namun begitu, saat ini masih banyak yang salah dalam beribadah, yakni masih mencampurinya dengan kesyirikan. Padahal kesyirikan dapat memusnahkan amalan. Siapa nyana amalan yang sangat banyak namun tak dapat menolongnya? Alangkah ruginya. Bahkan, kesyirikan adalah dosa terbesar, yang Alloh tak akan menghapus dosa tersebut, dan pelakunya kekal di neraka selagi belum bertobat selama hayat di kandung badan.

Untuk itu, kita harus tahu, bagaimana ibadah yang diterima itu. Kita harus tahu, kesyirikan itu apa. Dengan itu, mari kita lanjutkan pembahasan kita ini, untuk mengetahui kaedah kemusyrikan yang kebanyakan orang melalaikannya.

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab berkata:

“Kaedah Pertama : Hendaknya engkau mengetahui bahwasannya orang orang kafir yang Rosululloh -sholallohu ‘alaihi wasallam- memerangi mereka meyakini bahwasannya Alloh adalah Pencipta, Sang Pengatur. Dan bahwasannya keyakinan tersebut tidak memasukkan mereka kedalam islam. Dan dalilnya, firman Alloh ta’ala :(( Katakanlah (wahai Muhammad) siapakah yang memberi rizki kepada kalian dari langit dan bumi. Atau siapakah yang memiliki Pendengaran dan Penglihatan. Dan siapakah yang mengeluarkan suatu yang hidup dari suatu yang mati, dan mengeluarkan suatu yang mati dari suatu yang hidup, dan siapakah yang mengatur perkara (perkara)? Mereka akan mengatakan Alloh. Maka katakanlah, apakah kalian tidak takut?)) [Yunus: 31]”

Syaikh Sholih bin Fauzan berkata :

Kaedah pertama : Hendaknya kamu tahu bahwa orang orang kafir yang Rosululloh -sholallohu ‘alaihi wasallam- memerangi mereka , dahulu mereka meyakini Tauhid Rububiyyah. Dan bersamaan dengan keyakinan mereka tentang tauhid rububiyyah tidak memasukkan mereka kedalam keislaman. Dan tidak haram darah darah mereka begitu pula harta harta mereka.

Maka hal ini menunjukkan bahwasannya tauhid bukan cuma keyakinan tentang Rububiyyah saja. Dan bahwasannya syirik bukan hanya syirik dalam rububiyyah saja. Tapi, tidak ada disana satupun orang yang mengingkari tauhid rububiyyah melainkan orang orang yang nyeleneh. Maka setiap ummat meyakini tentang tauhid Rububiyyah.

Dan Tauhid Rububiyyah ialah : Keyakinan bahwasannya Alloh adalah Pencipta, Pemberi rizki, Dzat yang menghidupkan, Dzat yang mematikan, Dzat yang mengatur alam semesta. Atau dengan ibarat yang lebih ringkas : Mentauhidkan Alloh dalam hal perbuatanNya.

Maka disana tidak ada satupun dari makhluk yang mengaku aku bahwasannya disana ada yang menciptakan bersama Alloh ta’ala. Atau memberi rizki bersama Alloh. Atau menghidupkan, atau mematikan. Bahkan orang orang musyrik mengakui bahwasannya Alloh adalah Pencipta Penghidup Yang mematikan dan Yang mengatur alam semesta. ((Dan bila kamu (Muhammad) tanya kepada mereka siapa yang menciptakan langit dan bumi, mereka benar benar akan berkata Alloh))[Luqman :25] ((Katakanlah (wahai Muhammad) siapa Robb langit yang tujuh dan Robb ‘Arsy yang agung? mereka akan berkata milik Alloh))[Al Mu’minun : 86-87] Bacalah ayat ayat akhir dari surat Al Mu’minuun, kamu sekalian akan mendapati bahwasannya orang orang musyrik, mereka dahul mengakui tauhid rububiyyah. Seperti itu pula di surat Yunus ((Katakanlah siapakah yang memeberi rizki kalian dari langit dan bumi. Atau siapakah yang memiliki Pendengaran dan Penglihatan dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur perkara perkara? Mereka akan berkata Alloh))[yunus :31]. Maka mereka meyakini ini.

Maka tauhid bukan hanya keyakinan dengan tauhid rububiyyah seperti yang ulama kalam dan nadzor katakan di aqidah aqidah mereka. Maka sesungguhnya mereka meyakini bahwasannya tauhid adalah keyakinan bahwasannya Alloh adalah Pencipta, Pemberi rizki, Penghidup, dan Pemati. Maka mereka mengatakan : “Satu di Dzatnya tidak ada macam baginya. Satu dalam sifatNya tidak ada yang menyamaiNya, satu dalam perbuatanNya tidak ada yang menyekutukanNya” Dan ini adalah tauhid Rububiyyah. Kembalilah ke buku buku ulama kalam, kamu akan mendapati mereka tidak keluar dari tauhid rububiyyah. Dan ini bukan tauhid yang alloh mengutus dengannya Rosul rosul. Dan keyakinan dengan keyakinan ini saja (tauhid rububiyyah) tidaklah bermanfaat sedikitpun bagi pelakunya. Karena tauhid ini orang orang musyrik dan pembesar pembesar kuffar mengakuinya. Dan tidaklah mengeluarkan mereka dari Kufur. Dan tidak memasukkan mereka kedalam keislaman. Maka ini adalah kesalahan yan besar. Barang siapa yang berkeyakinan dengan keyakinan ini, tidaklah menambah dari keyakinan abu jahal dan abu lahab.Maka sekarang sebagian pendidik hanya berada diatas tauhid rububiyyah saja dan tidak melirik ke tauhid uluhiyyah. Dan ini adlaah kesalahan yang besar di nama tauhid.

Adapun syirik, mereka berkata ” Yaitu kamu meyakini bahwasannya ada orang yang mencipta bersama Alloh atau memberi rizki bersama Alloh” Kita katakan ” ini adalah perkataan abu jahal dan abu lahab, mereka tidak berkata disana ada yang mencipta bersama Alloh dan memberi rizki besama Alloh. Bahkan mereka meyakini bahwasannya Alloh Adalah Pencipta, Pemberi rizki, Penghidup dan Pemati.

Selesai Perkataan Syaikh.

Maka, sekarang, jaman ini, banyak sekali yang belum keluar dari lingkar tauhid ini. Masih banyak yang menyekutukan Alloh dengan menduakanNya dalam ibadahnya. Maka, janganlah berputus asa dalam mempelajari syirik. Karena, barang siapa yang tidak tahu sesuatu, maka dia akan terjatu di dalamnya.

Dan sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Kita Muhammad Shollallohu ‘alaihi wasallam.

KABS loh yaa….

Advertisements

2 comments on “Kaedah 1 : Kaum Musyrik Quraisy juga Bertauhid !!

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s