Ketahuilah Syirik, Untuk Kamu Jauhi !!

Bismillah,

Segala puji bagi Alloh yang telah menerangkan dan menjelaskan kepada manusia melalui lisan nabiNya segala sesuatu yang baik dan begitupula segala sesuatu yang buruk. Alloh telah menerangkan sebaik baik perintah, yaitu tauhid. Begitu pula, Alloh telah menjelaskan seburuk buruk sesuatu yang Dia larang adalah Syirik.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, seorang hamba dan rosulNya, yang tak berkata dari hawa nafsunya, melainkan dari wahyu yang diwahyukan kepadanya. Begitupula kepada para sahabat, dan pengikutnya hingga hari kiamat kelak.

Kita telah tahu, bahwa sebaik baik amalan adalah amalan yang dilandasi dengan dua hal. Dan amalan itu akan tertolak bila kedua hal tersebut, atau salah satu dari dua tersebut rusak. Yaitu ikhlas dan mutaba’atur Rosul. Bila seorang keikhlasannya telah rusak, amalan tertolak. Sebagaimana bila kita sholat tanpa berwudlu, atau berhaji tanpa ihrom. Maka amalan rusak. Begitu pula karena tidak mengikuti tuntunan rosul.

Sebuah perintah yang sangat agung, tentunya terdapat larangan yang sangat besar pula di baliknya. Dan larangan tersebut telah banyak di peringatkan oleh Alloh dalam banyak firmanNya, begitu pula nabiNya, para sahabat, tabi’in, dan aimmah muslimin. Namun, sayang. Masih banyak yang tersesat dalam hal tersebut. Padahal amalan batal karena adanya hal tersebut. Syirik.

Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang kaedah yang empat untuk memahami perkara syirik yang hampir memasuki intinya. Kami meminta kepada Alloh al ‘afiyah.

Syaikhul islam Muhammad bin Abdil Wahhab berkata :

إذا عرفت أن الشرك إذاخالطالعبادةأفسدهاو أحبط العمل وصارصاحبه من الخالدين في النار عرفت أن أهم ما عليك معرفةذلك.لعل الله أن يخلصك من هذه الشبكة .وهي الشرك با لله

الذي قال الله فيه : إن الله لا يغفر أن يشرك به و يغفر ما دون ذلك لمن يشاء (النساء: 48( وذلك بمعرفة أربع قواعد ذكرها الله في كتابه

Bila kamu telah tahu bahwasannya syirik bila mencampuri ibadah akan merusakkan ibadah tersebut dan membatalkan amalan, dan pelakunya menjadi temasuk kedalam golongan orang orang yang kekal di dalam neraka, kamu tahu bahwasannya perkara yang paling penting agar kamu mengetahui perkara tersebut, semoga Alloh membersihkanmu dari jerat ini, dan perkara tersebut adalah syirik.

Yang Alloh berkata tentang syirik : Sesungguhnya Alloh tidak mengampuni dosa syirik, dan akan mengampuni selain itu, bagi yang Ia kehendaki [annisa : 48]

Dan (untuk mengetahui syirik) itu, dengan mengetahui 4 kaedah yang Alloh menyebutnya di Al Qur’an.

Berkata Syaikh Sholih bin Fauzan berkata :

[Maka bila kamu tahu bahawasannya syirik bila mencampuri ibadah merusaknya dan membatalkan amalan , dan pelakunya menjadi temasuk golongan orang yang kekal di neraka] yakni : selama kamu tahu kalau tauhid itu adalah mengesakan Alloh dalam peribadatan, wajib atas kamu untuk mengetahui syirik. Karena orang yang tidak tahu tentang suatu perkara akan terjatuh kedalamnya. Maka harus bagimu untuk mengetahui macam macam syirik agar kamu dapat menjauhinya. Karena Alloh telah memperingatkan dari syirik dan berfirman :

إن الله لا يغفر أن يشرك به و يغفر ما دون ذلك لمن يشاء

sesungguhnya tidak mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa selainnya bagi yang (Alloh) kehendaki [an nisa : 48]

maka ini adalah bahaya syirik. Dan bahwasannya ia haram dari surga. Alloh berfirman :

ومن يشرك با لله فقد حرم الله عليه الجنة

sesungguhnya barangsiapa yang menyekutukan Alloh maka sungguh Alloh telah mengharamkan baginya surga [al maidah : 72]

dan haram dari pengampunan, Alloh berfirman :

إن الله لا يغفر أن يشرك به

Sesungguhnya Alloh tidak mengampuni dosa syirik [an nisa 48]

Kalau begitu, ini adalah bahaya yang besar. Wajib bagimu untuk mengetahuinya sebelum kamu tahu bahaya yang lain. Karena syirik, telah sesat banyak di dalamnya paham paham dan pemikiran pemikiran.

Agar kita tahu apa itu syirik dari kitab dan sunnah, Alloh tidaklah memperingatkan suatu perkara melainkan Alloh telah menjelaskannya, dan tidak pula Alloh memerintahkan sudatu perkara kecuali Alloh telah menjelaskannya, dan Dia tidak akan mengharamkan syirik dan meninggalkan tauhid secara global. Bahkan Dia telah menerangkannya di dalam Al Qur’an yang agung dan Rosul telah menjelaskannya di sunnahnya. Penjelasan yang gamblang. Maka bila kita ingin mengetahui apa itu syirik, kita kembalikan kepada kitab dan sunnah hingga kita tahu syirik, dan bukan ke perkatan polan. Dan penjelasan ini di penjelasan yang akan datang

Selesai perkataan Syaikh.

Maka, kawan pembaca kalian, tidakkah takut amalan kita tidak diterima? Dan tobat kita tidak diampun? Serta surga yang terdamba tidak teraih?

Ketahuilah sesuatu bila kamu tidak ingin terjatuh ke sesuatu tersebut. Sebagaimana kamu ketahui bahaya serigala agar kamu tak di terkammnya. Begitu juga syirik, agar kamu tak terjatuh.

 

Advertisements

3 comments on “Ketahuilah Syirik, Untuk Kamu Jauhi !!

  1. Posting-an ini bagus. Tapi rasanya ada yang kurang. Kurang contoh konkret bagaimana perbuatan syirik yang biasa ada di sekitar kita. Mulai dari syirik kecil hingga yang terang2an menyekutukan Allah. Poin ini penting banget lho. Mohon ditambahkan contoh2 nyatanya. Semisal, memuja keris, mengkeramatkan makam, atau yang bagaimana lah.
    Mungkin bisa membuat posting-an yang baru. 🙂

    • Masukan yang bagus.. !. trims mas mau beri masukan. Iya, kedepannya InsyaAlloh akan ditambahkan, aku juga lagi bingung karena ini adalah terjemahan. Padahal kalau nerjemah itu tak butuh sedikit tempat, dan takutnya pada malas baca. Ditampung mas, untuk selanjutnya. Makasih ya, sekali lagi 🙂
      NB : Ikutin terus yah, terjemah kaedahnya belum selesai… 😉

  2. Pingback: Kaedah 1 : Kaum Musyrik Quraisy juga Bertauhid !! | Muhammad Ihfazhillah

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s