Sombong !

Bismillah,

Manusia telah Alloh ciptakan berikut sifat sifat baiknya, juga disana ada sifat buruknya. Yang baik, diharap di teruskan. Adapun yang buruk, hendaknya ditinggalkan. Diantara sifat yang buruk ialah sombong.

Sombong, banyak manusia yang bilang ke temennya ketika temennya ga mau lagi berteman dengannya. Mungkin juga dikatakan ketika temennya itu berusaha menjauhi teman temannya yang buruk untuk melakukan kebaikan. Pun, juga sering dikatakan kepada temenya yang “lupa” akan suatu hal kepada temannya yang lain.

Makna sombong sendiri adalah : Menolak kebenaran, dan Meremehkan manusia. Jadi, bila seorang telah menolak kebenaran, dari siapa pun kebenaran itu berasal. Dari yang lebih tua darinya, atau yang lebih muda. Dari yang dibawah dia kedudukannya atau yang diatasnya. Dari musuh atau dari teman. Maka ia sudah bisa dikatakan sombong.

Sombong adalah sifatnya Iblis. Dia sombong ketika Alloh menyuruhnya untuk bersujud kepada nabi Adam dengan mengatakan “Aku lebih baik darinya, Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau ciptakan ia dari tanah”. Secara logika memang benar apa yang di ucap Iblis, namun ia sudah merendahkan seorang yang di ciptakan Alloh dan telah mangkir dari apa yang Alloh perintahkannya.

Hendaknya semua dari manusia dan jin menjauhi hal ini. Dengan tidak “menolak kebenaran dan meremehkan manusia”.

Banyak kisah berharga dari para ulama yang sudah senter ilmunya, namun dengan ketawadluannya dan tidak ingin sombong, ia rela di ingatkan oleh muridnya sekalipun. Diantara kisah tersebut, silahkan simak dibawah ini.

Dikisahkan, pada suatu khutbah jum’at, syaikh Utsaimin menjelaskan keutamaan surat Al Fatihah sebelum tidur dan menganjurkan setuap orang untuk membacanya. Setelah selesai khutbah salah seorang pelajar mengingatkan syaikh “wahai syaikh, yang anda maksud mungkin tadi keutamaan ayat kursi.”

Syaikh utsaimin kemudian menyadari bahwa dirinya secara tidak sengaja melakukan kesalahan. maka beliau segera meralat kesalahannya sebelum para jamaah pergi. mengingatkan mereka bahwa beliau telah berbuat salah dan yang benar adalah keutamaan membaca ayat kusrsi sebelum tidur.

safahat musyriqoh min hayat al imam muhammad bin sholih al utsaimin halaman 43

(untaian indah biografi kehidupan ulama ahlus sunnah)

Sudahkah kita seperti itu? Selamat menyelami kehidupan sendiri, dan menemukan jawaban.

Advertisements

2 comments on “Sombong !

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s