Kistoma ovarii, cewek musti tahu

Berawal dari berita yang di sampaikan kepadaku dari ibuku (kebetulan seorang dokter) pada hari senin (24-04-2011) bahwa “minta tolong cariin informasi tentang kistoma ovarii, dan minta tolong doanya untuk arini, karena sedang kena penyakit ini”. Wih sepertinya penting! Sorakku dalam hati. Biasanya ketika ibuku merintahkan aku untuk mencari info tentang penyakit, ini adalah informasi penting dan mungkin sangat mendesak. Dalam benakku, aku jadi bertanya Tanya “apasih kistoma ovarii itu?”, “sebabnya apa toh?”,”menyebabkan penyakit apa?”. Di balik itu, aku juga kasihan sama adikku yang sedang mengidap penyakit itu. Dan di balik kasihan itu, aku ingin membagi masalah kista di ovarium ini. So, terus baca yaโ€ฆ.

Kista adalah pertumbuhan kantung yang tidak normal. Kantung ini bisa saja berisi udara ataupun cairan. Sedangkan yang di ovarium ini(luarnya loh) berisi cairan, sebagian besar berisi pendarahan pendarahan kecil dari pembuluh pembuluh halus di sekitar ovarium.

Kista itu sama dengan tumor. Tapi tumornya ini tidak ganas. Tapi ketika di biarkan akan menjadi ganas, seperti kangker(bukan kantong kering). Lama lama akan menggerogoti tubuh yang lain.

Kita semua tahu, ovarium adalah laksana dapur. Disana ia menghasilkan sel telur sekaligus mematangkan sel telur sehingga siap untuk di buahi. Kemudian disana juga merupakan tempat di bentuknya hormon hormon penting seperti estrogen dan progesteron yang memengaruhi siklus menstruasi.

Orang yang kena kista di ovariumnya tidak harus ada tanda yang spesifik. Tanda dari kista ini bermacam macam. Diantaranya adalah menstruasi yang tidak teratur. Dan adik ku ini tidaklah merasakan tanda yang selain ini. Namun ketika di USG, dia positif ada kista dan besarnya sudah 11 cm.

Tanda lain adalah kram di perut, atau keplintir. Ketika rasa kram kerasa, biasanya cairan kista itu sedang pecah.

Oleh karena itu, wajib bagi semuanya untuk up to date tentang kesehatan. Jangan sampai ketinggalan jejak jaman. Kata pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pun, ketika ada artis ngetop, cakep lagi, takkan pernah ingin ketinggalan beritanya kan? Kalau kesehatan?

Advertisements

3 comments on “Kistoma ovarii, cewek musti tahu

  1. sebaiknya kami sebagai para perempuan lebih sadar untuk deteksi sejak dini, agar bisa mencegah terjadinya kista, beberapa diantara teman saya juga ada yang mengalaminya. tidak tega melihatnya. semoga kami tidak menyia nyiakan nikmat kesehatan yang diberikan oleh Tuhan. terimakasih infonya. bermanfaat ๐Ÿ™‚

  2. aku sendiri baru tau 2hari yang lalu klo aku juga punya kista, ukurannya 9 cm, sempet putus asa tapi semoga aku cepet sembuh . Amin *ngasih doa buat diri sendiri hehe*

Kesan Dan Pesannya Kawan ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s